Korban Meteorit Terima Bantuan dari Dinsos


Tiga rumah di Duren Sawit, Jakarta Timur yang rusak karena tertimpa meteorit (benda luar angkasa) akan mendapatkan bantuan dari Dinas Sosial DKI Jakarta untuk memperbaiki rumahnya.

"Bantuan akan diberikan dalam bentuk material bahan bangunan senilai Rp10 juta dan uang tunai Rp5 juta," kata Kepala Dinas Sosial DKI Budiharjo di Jakarta, Selasa.

Bantuan akan diberikan melalui lurah setempat setelah dilakukan verifikasi untuk menginventarisir kerusakan di tiga rumah di Jalan Delima VI Gang II di RT 01/05 Malakasari, Duren Sawit, Jakarta Timur yang tertimpa meteorit pada Kamis (29/4) lalu.

Budiharjo menyebut bantuan akan diberikan dalam kurun waktu beberapa minggu kedepan setelah dilakukan verifikasi oleh tim. "Saat ini, baru itu yang bisa kita lakukan," katanya.

Ia berharap agar pihak Dewan Kelurahan setempat juga dapat memberikan bantuan kepada tiga keluarga yang rumahnya rusak tersebut.

Pemprov DKI dapat segera menyalurkan bantuan setelah adanya rekomendasi dari tim Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Puslabfor Mabes Polri yang menyimpulkan bahwa peristiwa itu disebabkan oleh benda luar angkasa atau meteorit yang memiliki sifat sporadis, artinya batu langit yang jatuh secara acak dan bukan merupakan sisa dari suatu komet (bintang berekor).

Selain dari Dinas Sosial DKI, Walikota Jakarta Timur Murdhani juga mengatakan bahwa Badan Amil Zakat dan Sedekah (BAZIS) Jakarta Timur telah mengalokasikan dana bantuan sebesar Rp5 juta untuk masing-masing rumah yang rusak.

"Sesuai prosedur, bantuan diberikan dalam bentuk bahan bangunan yang dihimpun oleh BAZIS Jakarta Timur. Saya harap dalam sepekan ini sudah terealisasi, sehingga para pemilik bisa kembali membangun tempat tinggalnya," ujar Murdhani.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Keinginan