Numpang Ujian


Bandung: Hari ini (4/5), seluruh murid kelas enam sekolah dasar di seluruh Tanah Air mengikuti Ujian Nasional hari pertama. Tak terkecuali mereka yang menjadi korban bencana atau memiliki keterbatasan fisik.

Di Kampung Cienteung, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sebanyak 43 murid SD Mekarsari menjalani ujian di SD Korpri. Hal itu terpaksa dilakukan karena bangunan SD Mekarsari rusak berat akibat luapan banjir Sungai Citarum empat bulan lalu.

UN juga dijalani siswa sekolah luar biasa di Tasikmalaya. Di Sekolah Luar Biasa Yayasan Bahagia, para guru yang juga sebagai pengawas, disibukkan oleh para muridnya yang tak mau tenang saat mengerjakan ujian. Ada yang bermain, berlarian, bahkan tak jarang menolak untuk mengerjakan soal.

Di SLB ini ada 12 siswa yang ikut ujian. Delapan siswa dari kelas C yang memiliki keterbelakangan mental, dan empat siswa dari kelas B yang mengalami tuna rungu serta tuna bicara.

Sedangkan di Denpasar, Bali, hari pertama UN berjalan lancar. Tidak ada masalah yang menghambat jalannya ujian hari ini yaitu mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Standar kelulusan murid SD tahun ini ditentukan dua hal. Yaitu hasil UN dengan nilai minimal 4,26, dan ujian akhir sekolah berstandar nasional dimana soal ujian dibuat di masing-masing provinsi, dengan nilai mata pelajaran minimal enam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Keinginan