Senin, 17 Mei 2010

Aparat Keamanan Tembak Mati Anggota OPM


Penyisiran yang dilakukan aparat gabungan kepolisian dan TNI di Puncak Jaya, Papua mengakibatkan terbunuhnya seorang anggota kelompok bersenjata Organisasi Papua Mereka (OPM). Aparat menembak mati anggota OPM dalam penyergapan di Kampung Goburuk Distrik Yamo, Senin, 17 Mei 2010.

Juru Bicara Kepolisian Daerah Papua, Komisaris Besar Agus Rianto, mengatakan, anggota kawanan bersenjata itu ditembak karena tidak bersedia menyerah, bahkan berupaya melakukan perlawanan. “Saat disergap, kelompok ini mencoba lari bahkan juga melawan, sehingga ditembak,’’ ujarnya dalam pesan singkatnya kepada VIVAnews.

Dalam penyergapan itu, aparat juga menyita sejumlah amunisi senjata api jenis AK 47 dari tempat kejadian. Dalam penyergapan itu, hanya satu orang yang berhasil ditembak, sedangkan lainya melarikan diri. “Kawanan bersenjata yang tewas diduga berinisial WT dan merupakan DPO Polda Papua atas kasus penembakan terhadap pekerja proyek jalan PT Modern beberapa waktu lalu,’’ ujarnya.

Polisi dan TNI masih terus melakukan pengejaran terhadap kawanan bersenjata itu. Mereka meminta warga proaktif untuk melapor jika melihat keberadaan mereka. “Kami masih terus melakukan perburuan terhadap kelompok bersenjata yang belum tertangkap,’’ucapnya.

Sementara jasad pelaku yang tertembak mati, kata Agus, saat ini masih berada di Rumah Sakit Mulia Puncak Jaya untuk identifikasi.

Sejak beberapa hari lalu, aparat keamanan melakukan penyisiran di Puncak Jaya, untuk mengejar dan menangkap kelompok separatis bersenjata yang selama ini kerap menebar terror penembakan maupun pembunuhan.