Batik Unik dengan Spon dan Solder

Magelang: Membatik menggunakan canting dan kain mungkin sudah biasa. Namun para pelajar di Magelang, Jawa Tengah, mereka membatik dengan media solder dan busa spon. Beragam corak hasil dari membatik dengan solder dan spon ternyata tak kalah unik dan indah. Terbukti mulai dari corak batik klasik, kontemporer, tokoh pewayangan, hingga flora dan fauna bisa dibuat dengan alat yang tak biasanya dipakai untuk membatik tersebut.
Seni membatik dengan solder dan spon dilakukan anak-anak Sekolah Menengah Pertama Negri 1 Salaman, Magelang. Ide tersebut datang dari guru Seni Rupa Musriyanto yang mengaku ingin membuat batik dengan metode berbeda. Untuk membuat batik solder sangatlah mudah. Pertama, alat yang dibutuhkan hanya busa spon dan solder. Selanjutnya, spon diberi gambar sesuai motif batik menggunakan pensil. Setelah gambar jadi, barulah diberi warna menggunakan cat akrilik. Gambar yang sudah jadi itu kemudian diberi warna ulang dengan solder.
Karena sifat spon yang mudah terbakar oleh solder, maka gambar terkesan lebih hidup. Menurut salah satu siswa Dian Adiningsih, membatik dengan solder lebih mudah ketimbang menggunakan canting. Dengan metode membatik yang baru itu, boleh jadi menambah inspirasi kita untuk mengembangkan pembuatan batik sehingga selalu dikenal masyarakat dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Keinginan